Pendahuluan
Berbicara tentang revolusi
komunikasi, tentunya sulit menjawab jikalau ditanya kapan tepatnya revolusi itu
dimulai. Hal ini dikarenakan betapa cepatnya perkembangan teknologi komunikasi
dalam dua abad terakhir. Perkembangan tersebut selalu berusaha menjawab
tantangan dan rintangan yang ditimbulkan oleh jarak dan waktu.
Revolusi terbaru pada teknologi
yang saat ini kita rasakan adalah digitalisasi. Digitalisasi merupakan
penggunaan bahasa yang sama (0-1) pada setiap format data baik visual maupun
audio. Digitalisasi telah membawa kita pada sebuah pengalaman komunikasi baru yang
melibatkan kombinasi data, teks, dan gambar. Teknologi digital juga memudahkan kita dalam
penyimpanan dan penyebaran informasi karena formatnya dapat dibaca komputer (computer readable format), kapasitas
yang luas, dan pengabaian terhadap jarak dan waktu. Teknologi digital ini telah
membawa kita pada era yang sering disebut dengan era media baru.
New
Media berasal dari dua kata yaitu New dan Media yang artinya ialah Media/Perantara yang baru. New media
bisa berbentuk apapun, misalnya perantara informasi, komunikasi akutansi
ekonomi dan lain sebagainya.
Media
baru akan selalu baru, penuh dengan pro
dan kontra. Seperti halnya media-media lain, media baru juga
menuai dukungan dan celaan dikarenakan dampak yang ia bawa, dampak baik dan
dampak buruk. Para pendukung menyebutkan bahwa
New Media dapat memberi tempat pada kebebasan personal, mereduksi hierarki
sosial, menambah waktu luang, dan meningkatkan kualitas dari interaksi sosial
dan komunikasi. Sedangkan di sisi lain, para pengkritik
mengungkapkan kekhawatiran mereka atas perkembangan
dan melebarnya ketidakmerataan pertumbuhan ekonomi, pengangguran akibat
mekanisasi, media baru dijadikan cara baru negara dan korporasi melakukan
pengawasan, serta kelebihan informasi.
Definisi New Media oleh Lev Manovich :
·
New
Media versus Cyberculture
Cyberculture
adalah berbagai fenomena sosial yang berkaitan dengan internet dan jaringan
komunikasi (blog, online multi-player game), sedangkan New Media lebih
peduli dengan benda-benda budaya dan paradigma.
·
New
Media sebagai Teknologi Komputer digunakan sebagai Platform Distribusi
New
Media adalah objek budaya yang menggunakan teknologi komputer digital untuk
distribusi dan pameran. Istialh “New Media” tidak akan ‘baru’ lagi, karena
kebanyakan bentuk budaya akan didistribusikan melalui
komputer.
·
New
Media sebagai Data Digital Dikendalikan oleh Software
Bahasa
New Media didasarkan pada asumsi bahwa, pada kenyataannya, semua benda budaya
yang mengandalkan representasi digital dan komputer berbasis pengiriman
melakukan berbagi sejumlah kualitas umum. Media Baru dikurangi menjadi data
digital yang dapat dimanipulasi oleh perangkat lunak sebagai
data lainnya. Sekarang operasi media dapat membuat beberapa versi dari objek
yang sama. Contohnya adalah gambar disimpan sebagai data
matriks yang dapat dimanipulasi dan diubah sesuai dengan algoritma tambahan yang diimplementasikan, seperti inversi warna,
abu-abu skla, mengasah, rasterizing, dan lain-lain.
·
New
Media sebagai Encoding dari Avant-Garde Modernis ; New Media sebagai Metamedia
Manovich
menyatakan bahwa tahun 1920 lebih relevan dengan New Media daripada jangka
waktu lainnya Meta-media
yang bertepatan dengan postmodernisme
dalam bahwa mereka berdua bekerja mengolah tua daripada menciptakan yang baru
bekerja. Media baru avant-garde adalah cara-cara baru untuk mengakses dan
memanipulasi informasi (hypermedia) misalnya database, mesin pencari, dan
lain-lain. Meta-media adalah sebuah contoh bagaimana kuantitas dapat berubah
menjadi kualitas seperti dalam teknologi media baru dan teknik manipulasi dapat
recode estetika menjadi estetika postmodern sangat berbeda.
·
New
media sebagai Artikulasi Paralel Gagasan serupa di Pasca-perang Dunia II Seni
Komputasi Modern
Pasang
Seni Perang Dunia II atau “kombinatorik” melibatkan menciptakan gambar dengan
sistematis mengubah parameter tunggal.
Hal ini mengarah pada penciptaan atau gambar sangat mirip dan struktur spasial.
“ini menggambarkan bahwa algoritma, ini bagian penting dari media baru, tidak
tergantung pada teknologi, tetapi dapat dijalankan oleh manusia”.
Pandangan mengenai New Media
Interaktivitas merupakan salah satu karakakteristik penting
media baru. Inilah mengapa media baru sering diidentifikasikan sebagai media
interaktif. Tingginya tingkat interaktivitas yang ditawarkan
media baru tentunya memberikan berbagai kemudahan dan keterjangkauan bagi para
pengguna untuk berkomunikasi secara interaktif dengan tanpa dihalangi jarak dan
waktu.
MANFAAT
NEW MEDIA
1. Bidang Sosial
New
Media juga baru-baru ini menjadi menarik bagi komunitas spionase global karena mudah
diakses secara elektronik dalam format database dan
karenanya dapat cepat diambil dan sebaliknya direkayasa oleh pemerintah
nasional. Terutama yang menarik bagi komunitas spionase adalah Facebook dan
Twitter, dua situs di mana orang bebas mengungkapkan informasi pribadi yang
kemudian dapat disaring melalui dan diarsipkan untuk penciptaan otomatis berkas
pada kedua orang bunga dan rata-rata warga negara.
2. Bidang Industri/Dagang
Hubungan
terbuka dengan segmen pasar banyak di daerah seperti perangkat lunak / desain
video game, televisi, radio, dan terutama film, iklan dan pemasaran, di mana
industri berusaha untuk mendapatkan keuntungan dari dua arah dialog dengan
konsumen terutama melalui Internet. Industri periklanan telah
dikapitalisasi pada proliferasi New Media dengan agen-agen besar menjalankan
multi-juta dolar iklan interaktif anak. Website interaktif dan
kios telah menjadi populer. Dalam sejumlah kasus biro iklan juga telah
membentuk divisi baru untuk mempelajari New Media. PR perusahaan juga mengambil
keuntungan dari kesempatan di New Media melalui praktik PR interaktif.
Interaktif PR praktik termasuk penggunaan media sosial untuk menjangkau
khalayak massa pengguna online jaringan sosial.
3. Bidang Pendidikan
Dalam
bidang ini sangat memudahkan bagi pelajar maupun pengajar dalam mendapatkan
materi yang di inginkan. Bisa melalui search engine kita
bisa mendapatkan segala informasi, atau dengan fasilitas E-book,
fasilitas email juga bisa
membantu dalan proses mengerjakan tugas atau saling tukar informasi.
Tetapi
dampak New Media tidak hanya pada manfaat positifnya saja, Selalu ada dampak negatif pada suatu perkembangan teknologi termasuk media .
Misalnya , pada dunia internet terjadi banyak kebobolan pada situs Bank – Bank
terkemuka akibat orang – orang yang tidak bertanggung jawab , Banyaknya situs –
situs pornografi , pencurian akun , dan sebagainya . Oleh karena itu kita
sebagai pengguna harus bisa menseleksi perkembangan – perkembangan new media
sehingga tidak terjerumus ke dampak negative tersebut .
RESIKO
PENGAPLIKASIAN NEW MEDIA
Misalkan
kita ambil contoh situs jejaring sosial Facebook untuk bahan perbandingan
kekurangan dan kelebihan New media :
Kelebihannya:
•Walau
dengan desain situs yang sederhana dan terkesan minimalis, Facebook menggunakan
bahasa pemrograman Ajax yang bisa membuat kita menjelajahi Facebook lebih
nyaman.
•Facebook
memiliki jumlah pengguna yang besar dan beragam dengan segmen terbesar dari
orang muda sehingga tepat untuk Anda yang mencari teman dan ingin berbagi
dengan teman-teman Anda. Bayangkan saja, ada 400 juta orang di sana!
•Facebook
memiliki aplikasi yang unik dan beragam, mulai dari permainan, simulasi saham,
hewan peliharaan virtual, dan masih banyak lagi yang membuat Anda tambah betah
berada di sana.
•Anda
bisa mengetahui apakah ada teman Anda yang sedang online di Facebook pada saat
Anda juga berada di sana.
•Anda
bisa langsung chat di Facebook bersama teman Anda yang sedang online juga.
Kekurangannya:
•Facebook
sangat terkenal sehingga banyak orang yang melakukan plagiat (nama
samaran) biasanya mirip selebritis, jadi tidak tahu mana yang asli mana yang
palsu.
•Facebook
menjadi ajang penjualan diri. Maksudnya banyak pekerja seks komersial yang
menawarkan dirinya melalui facebook.
•Lebih
dari 60% pelajar di Indonesia adalah pengguna facebook dan 75% per harinya
mereka akan membuka situs ini, sehingga mengganggu kegiatan belajar mereka.
•Facebook
acap kali menjadi tempat kasus, diantaranya melakukan pelecehan melaui status,
menghina lewat comment, dll.
•Akhir-akhir
ini telah ada gosip, kabarnya pembuat situs jejaring sosial ini akan membuat
facebook menjadi berbayar, dengan bayaran 10$ per bulan (bisa kaya pembuat
facebook).
Referensi
:
http://id.wikipedia.org/wiki/Media_baru
Tidak ada komentar:
Posting Komentar