Rabu, 17 Juni 2015

Contoh Kasus Komputasi Modern

Contoh kasus Komputasi modern


            Pada tugas sebelumnya telah dijelaskan tentang pengertian Komputasi modern.  Namun disini akan dibahas sedikit tentang sejarah bagaimana awal mulanya Komputasi modern itu ada. Komputasi modern adalah sebuah konsep sistem yang menerima instruksi-instruksi dan menyimpannya dalam sebuah memori. Seorang ilmuan terbesar bernama Von Neumann  memberikan berbagai sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer yang disalurkan melalui karya-karyanya.


            Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi:
1.      Akurasi (big, Floating point)
2.      Kecepatan (dalam satuan Hz)
3.      Problem Volume Besar (Down Sizzing atau parallel)
4.      Modelling (NN & GA)
5.      Kompleksitas (Menggunakan teori big O)

Jenis komputasi modern
Cloud Computing
Komputasi Cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet. Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet, dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.
Berikut perbedaan antara komputasi mobile, komputasi grid dan komputasi cloud:
·         Komputasi mobile menggunakan teknologi computer yang bekerja seperti handphone, sedangkan komputasi grid dan cloud menggunkan computer.
·         Biaya untuk komputasi mobile lebih mahal dibandingkan dengan komputasi grid dan cloud.
·         Komputasi mobile tidak membutuhkan tempat dan mudah di bawa kemana-mana, sedangkan grid dan cloud membutuhkan tempat yang khusus.
·         Untuk komputasi mobile proses tergantung si pengguna, komputasi grid proses tergantung si pengguna mendapatkan server atau tidak, dan komputasi cloud prosesnya membutuhkan jaringan internet sebagai penghubungnya.
Contoh komputasi modern pada tahun 1943, yaitu computer Colossus yang berkemampuan untuk membatasi kemampuan program pada alat ini menunjukkan bahwa perangkat menggunakan ribuan tabung dapat digunakan lebih baik dan  elektronik reprogrammable. Computer ini digunakan untuk memecahkan kode perang Jerman.
Contoh kasus:

1.      Perangkat GPS: untuk membuat suatu  aplikasi maka memerlukan algoritma, begitupun untuk mebuat GPS. Dari algoritma-algoritma yang unik tersebut kemudian akan menjadi suatu alat yang bertujuan untuk memudahkan pekerjaan manusia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan yang ingin bertanya :)