Jumat, 14 Desember 2012

Konvergensi Teknologi


Konvergensi Teknologi

Konvergensi merupakan suatu perubahan atau penggabungan dari yang sebelumnya, menjadi perubahan yang lebih baik.

Konvergensi teknologi merupakan suatu perubahan teknologi dari yang sebelumnya dan digabungkan menjadi suatu teknologi yang lebih baik lagi, lebih modern dan lebih hebat dari yang sebelumnya. Disini saya akan mengambil contoh salah satunya ialah TV-Streaming.


Definisi


Internet televisi atau yang lebih dikenal dengan TV Online adalah distribusi digital dari konten Televisi melalui internet. Televisi Internet adalah istilah umum yang mencakup pengiriman acara televisi dan konten video lainnya melalui internet dengan teknologi video streaming. Saat ini televisi internet sangat populer melalui layanan seperti RTE Player di Irlandia; BBC iPlayer, 4oD, ITV Player( termasuk STV  Player dan UTV Player).

Pengertian



Televisi internet atau TV Online adalah situs yang memiliki tayangan video yang terkonsep, diperbaharui terus-menerus, tidak statis, mengikuti perkembangan peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar, dan dapat diakses oleh publik secara bebas.


Bagaimana cara mengaksesnya ?

Untuk dapat mengaksesnya, kita hanya perlu menghubungkan komputer dengan koneksi internet broadband berlangganan. Televisi internet sering juga disebut dengan sebutan Television on Desktop (TOD), TV over IP (Television over Internet Protocol), Vlog, dan juga Vodcast. Televisi internet berbeda dengan televisi konvensional biasa. Kedua-duanya memang sama-sama menayangkan banyak acara yang serupa, akan tetapi televisi internet lebih beragam dibandingkan stasiun televisi lokal yang biasa disiarkan dirumah ataupun Televisi kabel berlangganan. Televisi internet ini bisa disiarkan secara pribadi oleh para pengguna internet atau bisa juga oleh sekelompok atau perusahaan televisi besar yang juga punya layanan televisi online di internet.

Metode Penyiaran

Teknik Streaming, Streaming adalah cara penayangan langsung sebuah data multimedia dari server penyedia layanan ke komputer pribadi kita. Semakin cepat koneksi Internet yang kita gunakan, maka akan makin cepat dan lancar pula tayangan tersebut dapat diputar. Contohnya ialah situs layanan video pada Youtube dan beberapa situs lain yang sejenis. Pada awalnya, format yang digunakan adalah QuickTime Movie (.mov), sekarang format yang lebih banyak digunakan ialah Flash Video (.flv).



Untuk pengaturan TV-Streaming bisa dilihat di :







Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan yang ingin bertanya :)