Rabu, 19 Desember 2012

Tehnik Dasar Photoshop#2 Mengganti Background dengan Gradasi Warna


Bismillah..

Kembali lagi masih dengan bereksperimen menggunakan Photoshop..karena waktu baca email masuk, pada minta tehnik-tehnik dasar pengeditan foto menggunakan photoshop.. aku gatau gimana yang dasar-dasar itu seperti apa ya? Jadi aku kasih yang menurut aku sederhana yaa..yak langsung aja :D

Sekarang mengedit foto dengan mengganti background, tepatnya mengganti background dan membuat bayangan foto. Hmm ribet banget bahasanya ya? Hehe..  yuk diliat before afternyaa J

Before



After




Kenapa terus-terusan pake foto aku?? Karena ini aku mau masukin di tugas penulisan salah satu mata kuliah aku, jadinya mesti ada foto akunya.. maaf kalo aneh atau apalah itu.. 
 
sebenernya gasuka nampang di publik juga -,-‘ tapi demi nilai yang bagus harus profesional lahh ..haha ..Ok siaapp ???!! berikut langkah-langkahnya:

1. Buka foto yang ingin di edit. (sangat disarankan memakai gambar yang resolusinya tinggi, biar nanti ngeditnya gampang. Ga burem-burem gitu..hehe)



2. Klik 2x pada layer background, klik OK.



3. Hapus daerah sekitar objek yang ingin dijadikan background dengan cara: Gunakan Eraser Tool (E), atur ukuran besar kecilnya cukup dengan klik kanan, kemudian hapus daerah sekitar objek. Untuk memperbesar layar gambar cukup tekan Ctrl+ + dan untuk mengecilkan atau menormalkan kembali tekan Ctrl+ -. Bisa juga dengan Zoom Tool(Z).






4. Selanjutnya coba kita beri sebuah background yang sederhana, hanya sebagai tambahan aja. Buat layer baru dengan tekan Ctrl+Shift+N. Dan beri nama ‘background’.


5. Pastikan layer ‘background’ tadi berada di posisi paling bawah.


6. Sekarang kita akan mengisi layer background dengan warna bacground default (hitam), cukup aktifkan/pilih layer background dan tekan Shift+F5, lalu klik OK. Disini akan terlihat penghapusan yang dikerjakan sudah rapi atau belum.  Jika dirasa belum lakukan denga Eraser Tool lagi.


 Jika sudah rapi kita lanjut ke tahap berikutnya.

7. Klik 2x pada layer background, ceklist ‘Gradient Overlay’. Disini tentukan warna sesuai selera yang di inginkan untuk pembuatan warna gradasi.





8. Selanjutnya tekan Ctrl+J untuk menggandakan layer, kemudian geser foto kesebelah kanan. Dan atur Opacity menjadi 14% untuk membuat sebuah bayangan.



9. Menuliskan teks, gunakan Horizontal Type Tool (T). Disini aku menggunakan font ‘Monotype Corsiva’ ukuran 24pt. Untuk efeknya klik kanan pada layer teks kemudian pilih Blending Options>>Drop Shadow>>Opacity 70%>> Angle 120>>Distance 3>>Spread 0>>Size 7>>Noise 0.



Done :) 
Alhamdulillah J


1 komentar:

Silahkan yang ingin bertanya :)