Jumat, 05 Desember 2014

Kiat Persiapkan Diri Ketika Mendapat Panggilan Kerja Di Perusahaan Yang Diinginkan

 


Ketika seseorang mendapat panggilan kerja (interview) di tempat yang diinginkan tentulah akan sangat senang. Begitupun juga saya walaupun hanya sebagai mahasiswa magang. Perasaan senang ga karuan semenit kemudian berubah menjadi deg-degan ga kalah karuan juga. Ehe.. ya wajar aja deg-degan namanya perusahaan yang diinginkan pasti bergengsi bak hotel bintang 5. Ya ga sih??? Oke dari pengalaman saya pribadi, saya akan berbagi tips mempersiapkan diri ketika mendapat panggilan kerja di perusahaan yang diinginkan.




1.   Persiapkan fisik dan mental
Fisik dan mental sangatlah penting dalam menghadapi interview di dunia pekerjaan. Jaga pola makan, jangan tidur larut malam, jaga kondisi agar tetap fit. Berpikirlah jernih dan tetap positif.

2.   Pelajari profile perusahaan
Cari tau profile perusahaan mulai dari segi kelebihan dan kelemahan. Mengetahui kelebihan dan kelemahan perusahaan itu penting, agar pada saat wawancara kita bisa mempromosikan diri untuk memperbaiki kelemahan dari perusahaan tersebut. Misal perusahaan yang bergerak di bidang barang dan jasa, kelebihan perusahaan itu adalah banyak pasokan barang yang masuk sedangkan kelemahannya adalah kurangnya kurir yang mengantarkan barang ke tempat tujuan. Maka kita akan mencari solusi dari kelemahan yang ada.

3.   Pelajari pertanyaan yang sering diajukan
Pelajari dengan teliti pertanyaan yang sering diajukan dalam wawancara. Jangan pernah berpikir satu pertanyaan itu sepele. Kadang dari pertanyaan yang menurut kita itu sepele malah menentukan layak/tidak kita bekerja di perusahaan tersebut.



4.   Tes di depan cermin
Ini yang sering saya lakukan karena tipe yang pasif kalau bicara. Latihlah cara bicara di depan cermin. Jaga pandangan mata tetap fokus, tidak kemana-mana. Jelaskan kelemahan dan kelebihan yang kita punya dan jangan berlebihan.

5.   Pelajari sikap saat wawancara
Pelajari sikap saat ingin masuk ke dalam ruangan, beri sapaan yang ramah, sikap duduk yang baik dan sopan, dan sikap tubuh lainnya.

6.   Berpakaian menarik dan tetap sopan

Berpakaian yang menarik maksudnya yang enak di lihat. Sopan tapi ga menarik? Misal pakai rok hitam, kemeja warna hitam juga. Nanti disangka mau nyelawat. Atau dari baju, rok, sepatu warna merah terang semua, itu menurut saya kurang pantas saja. Padupadanin warna, simple tapi terlihat sopan dan tidak mengenakan aksesoris berlebihan. Cukup jam tangan agar tahu waktu saat datang di awal wawancara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan yang ingin bertanya :)