Rabu, 24 April 2013

Kupas Tuntas Facebook


Dewasa ini, perkembangan teknologi sudah berkembang sangat pesat di dunia. Banyak sekali manusia di abad sekarang ini yang sangat bergantung pada teknologi. Terdapat banyak sekali teknologi yang berkembang pada saat ini salah satunya ialah ‘Social Network’ atau ‘Jejaring Sosial’. Kali ini saya akan berbagi informasi tentang salah satu jejaring sosial yang sangat popular yaitu Facebook.
Kapan sihh Facebook didirikan ? dan bagaimana awal mulanya ? kok bisa booming sekali di dunia ini??


Sejarah facebook


Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas hanya untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah keatas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Walaupun faktanya banyak anak yang berusia dibawah 13 tahun yang sudah memiliki akun facebook, sehingga melanggar persyaratan layanan situs ini.


Tahun 2003 : Mark Zuckerberg menciptakan Facemash (http://www.facemash.com.au/) di Harvard sebagai mahasiswa tahun kedua. Untuk menyelesaikan Facemash ini, Zuckerberg meretas ke bagian jaringan komputer Harvard yang dilindungi dan menyalin gambar-gambar ID pribadi asrama. Harvard pada waktu itu tidak memiliki “buku wajah” (direktori berisi foto dan informasi dasar ) mahasiswa. Facemask menarik 450 pengunjung dan 22.000 tampilan foto pada empat jam pertama diluncurkan.
Zuckerberg memperluas proyek awalnya ini pada semester tersebut dengan membuat peralatan studi sosial untuk menghadapi ujian final sejarah seni, dengan mengunggah 500 lukisan Augusta ke situs webnya, dengan satu gambar per halaman disertai kotak komentar. Ia membuka situs tersebut kepada teman sekelasnya, dan mereka mulai saling berbagi catatan.

Tahun 2004 : Zuckerberg mulai menulis kode untuk situs web baru pada Januari 2004. Ia terinspirasi oleh editorial The Harvard Crimson tentang insiden Facemash. Pada 4 Februari 2004, Zuckerberg meluncurkan “The Facebook” yang awalnya berada di situs web TheFacebook.com.
Keanggotaan awalnya dibatasi kepada mahasiswa Harvard College saja, dan pada bulan pertama, lebih dari setengah mahasiswa sarjana di Harvard terdaftar di situs ini. Eduardo Saverin (pebisnis), Dustin Moskovitz (programer), Andrew McCollum (seniman grafis), dan Chris Hughes segera bergabung dengan Zuckerberg untuk membantu mempromosikan situs web ini. Bulan Maret 2004, Facebook memperluas diri ke Stanford, Columbia, dan Yale
Situs ini kemudian dibuka ke sekolah Ivy League lain, Universitas Boston, Universitas New York, MIT, dan secara perlahan beberapa universitas di Kanada dan Amerika Serikat.

Tahun 2005: Facebook meluncurkn versi sekolah menengah ke atas pada September 2005. Pada waktu itu, jaringan sekolah menengah membutuhkan undangan untuk bergabung. Facebook kemudian memperluas persyaratan keanggotannya kepada karyawan dari sejumlah perusahaan, termasuk Apple Inc dan Microsoft.

Tahun 2006: Facebook dibuka pada tanggal 26 September 2006 kepada setiap orang berusia 13 tahun dan keatas dengan alamat surel yang sah.

Tahun 2007: Microsoft mengumumkan bahwa mereka telah membeli 1,6% saham facebook senilai $240 juta, sehingga memberikan Facebook nilai sebesar $15milyar. Pembelian oleh Microsoft ini meliputi hak mereka untuk menempatkan iklan internasional di Facebook.

Tahun 2008: Bulan Oktober 2008, Facebook mengumumkan bahwa mereka akan membuka kantor pusat internasional di Dublin, Irlandia.

Tahun 2009: Bulan September 2009, facebook mengatakan bahwa mereka mengalami arus kas positif untuk pertama kalinya.

Tahun 2010: 13 Maret 2010, lalu lintas ke Facebook meningkat stabil setelah 2009. Jumlah pengunjung Facebook mengalahkan Google. Pada bulan November 2010, menurut SecondMarket Inc. Sebuah bursa saham perusahaan swasta, nilai Facebook mencapai $41 milyar (megalahkan eBay secara tipis) dan menjadi perusahaan web terbesar ketiga di AS setelah Google dan Amazon.

Tahun 2011: Maret 2011, Facebook menghapus sekitar 20.000 profil dari situs ini setiap hari atas berbagai macam alasan, termasuk spam, konten tidak pantas dan pemakaian dibawah umur, sebagian bagian dari upayanya mendorong keamanan cyber.

Tahun 2012: Maret 2012, Facebook meluncurkan App Center, sebuah toko bergerak daring yang menjual aplikasi yang terhubung dengan Facebook. Toko ini tersedian untuk penggunaweb bergerak iPhone, Android. April 2012, Facebook membeli aplikasi Instagram. Mei 2012, Facebook mengakuisisi perusahaan muda Glancee yang beroperasi di bidang penjelajahan sosial.

Tahun 2013: Penulis belum menemukan perkembangan apa lagi yang terjadi pada Facebook. Tetapi pada bulan Februari ini tampilan Facebook kembali berubah. Walaupun pada tahun-tahun sebelumnya tampilan Facebook selalu berubah J


Konsep

Dari segi tampilan menurut penulis Facebook cukup menarik dan sederhana.
Disini saya tampilkan Facebook for Android








Disini penulis membandingkan Facebook dengan Google J
Filosofi organisasi terbesar yang bekerja baik di Facebook tetapi tidak berjalan di Google adalah prinsip “Move fast and break things.” Dalam form S-1 yang disubmit Zuckerberg kepada SEC sebelum IPO, ia mengatakan “Jika kamu tidak menabrak apapun, kamu mungkin tidak bergerak cukup cepat”.
Sedangkan di Google menganut prinsip : “If you break something, would be that you didn’t do enough testing”, jika kamu menabrak sesuatu, mungkin kamu tidak cukup melakukan testing.

Hal ini diterjemahkan menjadi beberapa perbedaan dari segi operasional :

Engineer di Facebook bisa mendapatkan iterasi produk *) lebih cepat dari Google. Prinsip “bergerak cepat” di Facebook menghasilkan moto lain “ ship early and ship often” yang secara cultural tidak tertanam di Google. 
Google secara umum lebih menghasilkan code program yang berkualitas karena lebih banyak dites karena Google menganggap “not breaking things is important” tetapi “shipping later” atau “di-launch nanti” berarti Google juga belakangan mendapatkan user feedback dan mendapatkan lebih sedikit user feedback sehingga terdapat lebih banyak kemungkinan untuk Google melakukan “overdesign” atau “overspec” bila secara relatif dibandingkan dengan Facebook. 

“Moving fast” membantu Facebook untuk menempatkan lebih banyak “taruhan” atau bets dan memvalidasi lebih banyak ide dengan menghabiskan lebih sedikit effort per idenya, yang berarti lebih cepat memfokuskan diri pada ide yang memiliki impact paling besar, sebaliknya Google memiliki kemungkinan lebih besar dibandingkan Facebook untuk melakukan “over-invest” pada produk dan fitur yang pada ujungnya tidak terpakai karena tidak cukup memvalidasi ide.
Facebook memiliki size sekitar sepersepuluh jumlah karyawan dibandingkan Google, jadi waktu akan membuktikan apakah culture “moving fast and breaking things” bisa terus berjalan dan scale di saat perusahaan ini tumbuh dan semakin banyak hal untuk ditabrak.

Terdapat point of view lain bahwa culture ini tergantung dari jenis produk atau servicenya. Google memiliki banyak paid services dan tidak bisa banyak menggunakan prinsip “‘move fast and break things’. Sedangkan konten Facebook lebih bersifat ”disposable”, jadi culture seperti ini bisa digunakan untuk produk seperti ini.

*) Pengertian “iterasi produk” secara casual adalah produk tidak berlama-lama berada di dalam kantor tetapi secepatnya dilempar ke customer untuk mendapat feedback, setelah mendapat feedback, tim engineers memperbaikinya, lalu dilempar lagi ke market. Pergerakan produk dari ruang produk development/engineer ke market disebut dengan iterasi. Iterasi produk adalah konsep yang penting dalam lean startup karena semakin cepat iterasi dilakukan, penerimaan market semakin baik.


Teknologi

Teknologi yang digunakan Facebook sangatlah canggih dan modern. Dimulai dari terjalinnya komunikasi hingga sharing data, fitur chat, messages, video, dll. Tampilan dari masing-masing fitur pun seringkali diperbaharui (misal: logo).



Fakta yang dihadapi oleh para enginer facebook :
o    Facebook melayani 570.000.000.000 page view per bulan (menurut Google Ad Planner).
o    Ada lebih banyak foto di Facebook dari pada semua situs foto lainnya bahkan jika digabungkan (termasuk situs-situs seperti Flickr).
o    Lebih dari 3 milyar foto di-upload setiap bulan.
o    Facebook sistem melayani 1.200.000 foto per detik. Ini tidak termasuk gambar pada server CDN Facebook.
o    Lebih dari 25.000.000.000 buah konten (update status, komentar, dll) setiap bulan.
o    Facebook memiliki lebih dari 30.000 server (yang ini data tahun 2009).
o    Semua angka di angka diatas tidak salah tulis, ataupun kelebihan nol :p


Dan teknologi yang dipakai Facebook adalah…
Faktanya Facebok ‘hanyalah’ situs LAMP (Linux-Apache-MySQL-PHP), namun telah memperluas operasinya dan memasukkan banyak unsur-unsur lainnya dan memodifikasinya.
Sebagai contoh :
o    Facebok menggunakan PHP, tetapi mereka membangun compiler sendiri sehingga kode PHP di konvert menjadi kode native (C++) pada server, sehingga meningkatkan kinerja.
o    Facebook menggunakan Linux, tetapi telah dioptimalkan untuk keperluan mereka sendiri.
o    Facebook menggunakan MySQL, mengoptimalkan database design, moving join, memchahce adalah beberapa hal untuk mengoptimalkan database facebook.


Kelebihan dan Kekurangan

Di dalam jejaring sosial Facebook ini, pengguna dapat:
ü  Membuat profil dilengkapi foto
ü  Membuat daftar ketertarikan pribadi
ü  Membuat Informasi kontak
ü  Membuat Informasi pribadi lain
ü  Berkomunikasi dengan pengguna lainnya baik mengirim pesan berupa teks, gambar, video, dll.
ü  Membuat suatu komunitas atau grup
ü  Main game
ü  Berbagi data dan informasi tidak dibatasi
ü  Tidak ada banyak iklan di facebook
ü  Memiliki pengaturan tersendiri (privasi setting) untuk pengguna

Kekurangan :
Ö Uncustomize, facebook belum mengijinkan usernya untuk memodifikasi template, warna, kursor, background dan lainnya
Ö Seringnya facebook berubah tampilan kerap membuat pengguna bingung
Ö Mulai marak spam dari orang yang promosi produk
Ö Banyak penipu dan penjahat online mencari mangsa
Ö Data diri pribadi kita bisa tersebar pada pihak yang tidak diinginkan
Ö Kegiatan hidup personal kita diketahui pihak lain
Ö Berbahaya bagi yang terlalu jujur, rajin curhat, kurang waspada, dll
Ö Membuat ketagihan dan mengganggu kegiatan hidup nyata
Ö Membuang uang jika punya uang terbatas dan internet mahal
Ö Penggunaan facebook yang berlebihan membuat kita lupa akan belajar
Ö Banyak cara-cara pelanggaran yang diselewengkan (tidak terlihat) baik pelanggaran agama maupun pelangggaran dunia dll.


Keamanan

Pada awalnya keamanan Facebook bisa dibilang sangatlah kurang. Banyak pengguna facebook yang akunnya digunakan oleh pengguna lain (baca: di hack). Tapi seiring berkembangnya Facebook itu sendiri saat ini keamanan pada Facebook cukup baik. Mulai dari memberikan informasi berupa pertanyaan, nomor handphone, dll. Menurut penulis sampai saat ini keamanan Facebook sudah cukup aman dibandingkan jejaring sosial lainnya yang sering kecurian data.
Contoh dengan Facebook menyarankan pengguna untuk mengisi nomor handphone, dimaksudkan untuk pada saat pengguna lain ingin menggunakan akun anda, maka akan muncul pada tampilan facebook untuk memasukkan nomor telepon pengguna asli. Atau pada saat akun Facebook anda digunakan oleh pengguna lain, maka secara otomatis Facebook akan mengirimkan pesan ke nomor handphone anda untuk penyetujuan atau penolakan dan mungkin menyarankan pengguna asli untuk merubah kata sandi anda.
"Tambahkan nomor telepon untuk membantu mengamankan akun Anda dan hal lain. Jika Anda lupa kata sandi, menambahkan nomor ponsel membantu Anda masuk Facebook. Ini juga membantu teman menemukan Anda, membuat Anda selalu dapat mengikuti berita terbaru dengan pemberitahuan SMS, dan lainnya".


Pemanfaatan Facebook

Tersedianya fitur baru pada aplikasi yang tersedia di dalam jejaring sosial facebook banyak memberikan manfaat kepada kita dalam melakukan beberapa hal. Beberapa fitur yang mendatangkan manfaat antara lain :
- Facebook Share >> fitur yang bisa digunakan sebagai sarana pembelajaran, contohnya dapat membagikan tulisan-tulisan tugas, link tugas dan informasi lainnya.
Facebook Note >> Dengan sarana ini kita bisa berdiskusi mengenai topik tertentu. Dan Note ini bisa membantu kita untuk berlatih dalam menulis.
Facebook Apps >> Dengan fitur ini hampir segalanya bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan membuat sebuah game edutainment pada platform facebook Apps ini. Salah satu contoh Facebook Apps game edutainment yang cukup terkenal dan banyak dimainkan adalah Geo Challenge. Sebuah aplikasi game untuk menguji pengetahuan geografis dari pemain-pemainnya.
Facebook Quiz >> saat ini sudah banyak quiz-quiz yang beredar di facebook. Rata-rata hanya quiz yang dibuat untuk sekedar iseng. Fitur ini sejatinya bisa dipakai untuk melakukan quiz online. 
- Pemanfaatan Facebook untuk media branding >> Di awal awal tahun 2009 banyak blogger yang ngebangun brand nya masing masing baik untuk personal branding maupun untuk usahanya. Usaha ini terbantu dengan banyaknya pengguna facebook yang menjadi sarana pemasaran branding menjadi lebih luas.

Perkembangan Facebook di masa depan 


Perkembangan zaman dan teknologi semakin pesat. Facebook sebagai jejaring sosialpun otomatis mengikuti perkembangan tersebut.
Facebookpun telah membuat sebuah langkah baru untuk mengembangkan mobile Facebook agar seluruh pengguna mobile phone bisa mengakses facebook, dimanapun dan kapanpun.

Facebook juga tengah mengembangkan dan akan meluncurkan sistem webmail sendiri, jadi nantinya para pengguna Facebook akan diberikan fasilitas email tersendiri. Maka nantinya para pengguna Facebook akan bisa membalas update yang ada di akun mereka langsung dari email yang juga disediakan Facebook, login serta berbagai fitur juga akan menggunakan email khusus yang disediakan oleh Facebook, maka pengguna Facebook tidak akan meninggalkan situs ini untuk waktu yang lama. Bersosialisasi bisa, mengecek email bisa, berkirim file bisa, bahkan berjualan serta mendengarkan streaming dan bermain game pun bisa.
Facebook juga memberikan ruang yang sangat lebar dalam kolom pencarian. Kini kolom pencarian menjadi 2 kali jauh lebih besar dari kolom pencarian di desain Facebook yang terdahulu. Dan salah satu indikasi perkembangan tentang bagaimana fungsi search ini, kemungkinan besar Facebook bekerjasama dengan Bing untuk menghasilkan pencarian yang lebih baik. Termasuk memberikan hasil pencarian yang lebih lengkap dan lebih membantu dengan memberikan informasi yang lebih baik.

Jika anda mencoba fasilitas search yang ada di situs Facebook sekarang, maka Facebook tidak hanya menampilkan hasil pencarian yang berhubungan dengan konten di Facebook saja tetapi juga menyertakan hasil pencarian dari web. Nah, dengan kerjasasama ini mungkin saja Facebook akan membawa mesin social networking-nya ini ke tahap yang lebih luas, dengan kata lain menjadi sebuah ‘real social search engine’.
Meski begitu, beberapa ahli atau blog teknologi juga ada yang memberikan pendapat bahwa mereka menyangsikan fitur email (jika benar roll out),  seharusnya Facebook berkonsentrasi pada core fitur mereka yaitu social networking bukan mengembangkan fitur seperti email yang memang akan menjadi barang baru bagi Facebook.

Perkembangan yang sudah terjadi ialah redesign yang telah kita ketahui (redesign timeline), namun hal tersebut belum berjalan terlalu mulus karena masih banyak pihak yang pro dan kontra tentang perkembangan tersebut.


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan yang ingin bertanya :)