Dewasa
ini, perkembangan teknologi sudah berkembang sangat pesat di dunia. Banyak sekali
manusia di abad sekarang ini yang sangat bergantung pada teknologi. Terdapat banyak
sekali teknologi yang berkembang pada saat ini salah satunya ialah ‘Social
Network’ atau ‘Jejaring Sosial’. Kali ini saya akan berbagi informasi tentang
salah satu jejaring sosial yang sangat popular yaitu Facebook.
Kapan
sihh Facebook didirikan ? dan bagaimana awal mulanya ? kok bisa booming sekali
di dunia ini??
Sejarah facebook
Facebook
adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari
2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Facebook didirikan oleh
Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas
Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes.
Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas hanya untuk mahasiswa Harvard saja,
kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas
Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa universitas
lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah keatas, dan akhirnya untuk
setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Walaupun faktanya banyak anak yang
berusia dibawah 13 tahun yang sudah memiliki akun facebook, sehingga melanggar
persyaratan layanan situs ini.
Tahun 2003 :
Mark Zuckerberg menciptakan Facemash (http://www.facemash.com.au/) di Harvard
sebagai mahasiswa tahun kedua. Untuk menyelesaikan Facemash ini, Zuckerberg
meretas ke bagian jaringan komputer Harvard yang dilindungi dan menyalin
gambar-gambar ID pribadi asrama. Harvard pada waktu itu tidak memiliki “buku
wajah” (direktori berisi foto dan informasi dasar ) mahasiswa. Facemask menarik
450 pengunjung dan 22.000 tampilan foto pada empat jam pertama diluncurkan.
Zuckerberg
memperluas proyek awalnya ini pada semester tersebut dengan membuat peralatan
studi sosial untuk menghadapi ujian final sejarah seni, dengan mengunggah 500
lukisan Augusta ke situs webnya, dengan satu gambar per halaman disertai kotak
komentar. Ia membuka situs tersebut kepada teman sekelasnya, dan mereka mulai
saling berbagi catatan.
Tahun 2004
: Zuckerberg mulai menulis kode untuk situs web baru pada Januari 2004. Ia terinspirasi
oleh editorial The Harvard Crimson tentang insiden Facemash. Pada 4 Februari
2004, Zuckerberg meluncurkan “The Facebook” yang awalnya berada di situs web
TheFacebook.com.
Keanggotaan awalnya dibatasi kepada mahasiswa Harvard College saja, dan pada bulan pertama, lebih dari setengah
mahasiswa sarjana di Harvard terdaftar di situs ini. Eduardo Saverin (pebisnis), Dustin Moskovitz (programer), Andrew McCollum (seniman
grafis), dan Chris Hughes segera bergabung dengan Zuckerberg untuk membantu
mempromosikan situs web ini. Bulan Maret 2004, Facebook memperluas diri ke Stanford, Columbia, dan Yale
Situs ini kemudian dibuka ke sekolah Ivy League lain, Universitas Boston, Universitas New York, MIT, dan secara
perlahan beberapa universitas di Kanada dan Amerika Serikat.
Tahun 2005:
Facebook meluncurkn versi sekolah menengah ke atas pada September 2005. Pada waktu
itu, jaringan sekolah menengah membutuhkan undangan untuk bergabung. Facebook kemudian
memperluas persyaratan keanggotannya kepada karyawan dari sejumlah perusahaan,
termasuk Apple Inc dan Microsoft.
Tahun 2006:
Facebook dibuka pada tanggal 26 September 2006 kepada setiap orang berusia 13
tahun dan keatas dengan alamat surel yang sah.
Tahun 2007:
Microsoft mengumumkan bahwa mereka telah membeli 1,6% saham facebook senilai
$240 juta, sehingga memberikan Facebook nilai sebesar $15milyar. Pembelian oleh
Microsoft ini meliputi hak mereka untuk menempatkan iklan internasional di
Facebook.
Tahun 2008:
Bulan Oktober 2008, Facebook mengumumkan bahwa mereka akan membuka kantor pusat
internasional di Dublin, Irlandia.
Tahun 2009:
Bulan September 2009, facebook mengatakan bahwa mereka mengalami arus kas
positif untuk pertama kalinya.
Tahun 2010:
13 Maret 2010, lalu lintas ke Facebook meningkat stabil setelah 2009. Jumlah pengunjung
Facebook mengalahkan Google. Pada bulan November 2010, menurut SecondMarket
Inc. Sebuah bursa saham perusahaan swasta, nilai Facebook mencapai $41 milyar (megalahkan
eBay secara tipis) dan menjadi perusahaan web terbesar ketiga di AS setelah
Google dan Amazon.
Tahun 2011:
Maret 2011, Facebook menghapus sekitar 20.000 profil dari situs ini setiap hari
atas berbagai macam alasan, termasuk spam, konten tidak pantas dan pemakaian
dibawah umur, sebagian bagian dari upayanya mendorong keamanan cyber.
Tahun 2012:
Maret 2012, Facebook meluncurkan App Center, sebuah toko bergerak daring yang
menjual aplikasi yang terhubung dengan Facebook. Toko ini tersedian untuk
penggunaweb bergerak iPhone, Android. April 2012, Facebook membeli aplikasi Instagram.
Mei 2012, Facebook mengakuisisi perusahaan muda Glancee yang beroperasi di
bidang penjelajahan sosial.
Tahun 2013:
Penulis belum menemukan perkembangan apa lagi yang terjadi pada Facebook. Tetapi
pada bulan Februari ini tampilan Facebook kembali berubah. Walaupun pada
tahun-tahun sebelumnya tampilan Facebook selalu berubah J
Konsep
Dari
segi tampilan menurut penulis Facebook cukup menarik dan sederhana.
Disini
saya tampilkan Facebook for Android
Disini
penulis membandingkan Facebook dengan Google J
Filosofi organisasi terbesar yang bekerja baik di
Facebook tetapi tidak berjalan di Google adalah prinsip “Move fast and break
things.” Dalam form S-1 yang disubmit Zuckerberg kepada SEC sebelum IPO, ia
mengatakan “Jika kamu tidak menabrak apapun, kamu mungkin tidak bergerak cukup
cepat”.
Sedangkan di Google menganut prinsip : “If you break
something, would be that you didn’t do enough testing”, jika kamu menabrak
sesuatu, mungkin kamu tidak cukup melakukan testing.
Hal ini diterjemahkan menjadi beberapa perbedaan dari segi operasional :
Hal ini diterjemahkan menjadi beberapa perbedaan dari segi operasional :
Engineer di Facebook bisa mendapatkan iterasi produk *) lebih cepat dari Google. Prinsip “bergerak cepat” di Facebook menghasilkan moto lain “ ship early and ship often” yang secara cultural tidak tertanam di Google.
Google secara umum lebih menghasilkan code program yang
berkualitas karena lebih banyak dites karena Google menganggap “not breaking
things is important” tetapi “shipping later” atau “di-launch nanti” berarti
Google juga belakangan mendapatkan user feedback dan mendapatkan lebih sedikit
user feedback sehingga terdapat lebih banyak kemungkinan untuk Google melakukan
“overdesign” atau “overspec” bila secara relatif dibandingkan dengan Facebook.
“Moving fast” membantu Facebook untuk menempatkan lebih banyak “taruhan” atau bets dan memvalidasi lebih banyak ide dengan menghabiskan lebih sedikit effort per idenya, yang berarti lebih cepat memfokuskan diri pada ide yang memiliki impact paling besar, sebaliknya Google memiliki kemungkinan lebih besar dibandingkan Facebook untuk melakukan “over-invest” pada produk dan fitur yang pada ujungnya tidak terpakai karena tidak cukup memvalidasi ide.
Facebook memiliki size sekitar sepersepuluh jumlah
karyawan dibandingkan Google, jadi waktu akan membuktikan apakah culture
“moving fast and breaking things” bisa terus berjalan dan scale di saat
perusahaan ini tumbuh dan semakin banyak hal untuk ditabrak.
Terdapat point of view lain bahwa culture ini tergantung dari jenis produk atau servicenya. Google memiliki banyak paid services dan tidak bisa banyak menggunakan prinsip “‘move fast and break things’. Sedangkan konten Facebook lebih bersifat ”disposable”, jadi culture seperti ini bisa digunakan untuk produk seperti ini.
Terdapat point of view lain bahwa culture ini tergantung dari jenis produk atau servicenya. Google memiliki banyak paid services dan tidak bisa banyak menggunakan prinsip “‘move fast and break things’. Sedangkan konten Facebook lebih bersifat ”disposable”, jadi culture seperti ini bisa digunakan untuk produk seperti ini.
*) Pengertian “iterasi produk” secara casual adalah produk tidak berlama-lama berada di dalam kantor tetapi secepatnya dilempar ke customer untuk mendapat feedback, setelah mendapat feedback, tim engineers memperbaikinya, lalu dilempar lagi ke market. Pergerakan produk dari ruang produk development/engineer ke market disebut dengan iterasi. Iterasi produk adalah konsep yang penting dalam lean startup karena semakin cepat iterasi dilakukan, penerimaan market semakin baik.
Teknologi
Teknologi
yang digunakan Facebook sangatlah canggih dan modern. Dimulai dari terjalinnya
komunikasi hingga sharing data, fitur chat, messages, video, dll. Tampilan dari
masing-masing fitur pun seringkali diperbaharui (misal: logo).
Fakta yang dihadapi oleh para enginer facebook :
o
Facebook melayani 570.000.000.000 page view per bulan
(menurut Google Ad Planner).
o
Ada lebih banyak foto di Facebook dari pada semua
situs foto lainnya bahkan jika digabungkan (termasuk situs-situs seperti
Flickr).
o
Lebih dari 3 milyar foto di-upload setiap bulan.
o
Facebook sistem melayani 1.200.000 foto per detik. Ini
tidak termasuk gambar pada server CDN Facebook.
o
Lebih dari 25.000.000.000 buah konten (update status,
komentar, dll) setiap bulan.
o
Facebook memiliki lebih dari 30.000 server (yang ini
data tahun 2009).
o
Semua angka di angka diatas tidak salah tulis, ataupun
kelebihan nol :p
Dan teknologi yang dipakai Facebook
adalah…
Faktanya Facebok ‘hanyalah’ situs LAMP
(Linux-Apache-MySQL-PHP), namun telah memperluas operasinya dan memasukkan
banyak unsur-unsur lainnya dan memodifikasinya.
Sebagai contoh :
o
Facebok menggunakan PHP, tetapi mereka membangun
compiler sendiri sehingga kode PHP di konvert menjadi kode native (C++) pada
server, sehingga meningkatkan kinerja.
o
Facebook menggunakan Linux, tetapi telah dioptimalkan
untuk keperluan mereka sendiri.
o
Facebook menggunakan MySQL, mengoptimalkan database
design, moving join, memchahce adalah beberapa hal untuk mengoptimalkan
database facebook.
Kelebihan dan Kekurangan
Di
dalam jejaring sosial Facebook ini, pengguna dapat:
ü Membuat
profil dilengkapi foto
ü Membuat
daftar ketertarikan pribadi
ü Membuat
Informasi kontak
ü Membuat
Informasi pribadi lain
ü Berkomunikasi
dengan pengguna lainnya baik mengirim pesan berupa teks, gambar, video, dll.
ü Membuat
suatu komunitas atau grup
ü Main
game
ü Berbagi
data dan informasi tidak dibatasi
ü Tidak
ada banyak iklan di facebook
ü Memiliki
pengaturan tersendiri (privasi setting) untuk pengguna
Kekurangan :
Ö Uncustomize,
facebook belum mengijinkan usernya untuk memodifikasi template, warna, kursor,
background dan lainnya
Ö Seringnya facebook berubah tampilan kerap membuat pengguna
bingung
Ö Mulai marak
spam dari orang yang promosi produk
Ö Banyak
penipu dan penjahat online mencari mangsa
Ö Data diri
pribadi kita bisa tersebar pada pihak yang tidak diinginkan
Ö Kegiatan
hidup personal kita diketahui pihak lain
Ö Berbahaya
bagi yang terlalu jujur, rajin curhat, kurang waspada, dll
Ö Membuat
ketagihan dan mengganggu kegiatan hidup nyata
Ö Membuang
uang jika punya uang terbatas dan internet mahal
Ö Penggunaan
facebook yang berlebihan membuat kita lupa akan belajar
Ö Banyak cara-cara
pelanggaran yang diselewengkan (tidak terlihat) baik pelanggaran agama maupun pelangggaran
dunia dll.
Keamanan
Pada
awalnya keamanan Facebook bisa dibilang sangatlah kurang. Banyak pengguna
facebook yang akunnya digunakan oleh pengguna lain (baca: di hack). Tapi seiring
berkembangnya Facebook itu sendiri saat ini keamanan pada Facebook cukup baik. Mulai
dari memberikan informasi berupa pertanyaan, nomor handphone, dll. Menurut penulis
sampai saat ini keamanan Facebook sudah cukup aman dibandingkan jejaring sosial
lainnya yang sering kecurian data.
Contoh
dengan Facebook menyarankan pengguna untuk mengisi nomor handphone, dimaksudkan
untuk pada saat pengguna lain ingin menggunakan akun anda, maka akan muncul
pada tampilan facebook untuk memasukkan nomor telepon pengguna asli. Atau pada
saat akun Facebook anda digunakan oleh pengguna lain, maka secara otomatis
Facebook akan mengirimkan pesan ke nomor handphone anda untuk penyetujuan atau
penolakan dan mungkin menyarankan pengguna asli untuk merubah kata sandi anda.
"Tambahkan nomor
telepon untuk membantu mengamankan akun Anda dan hal lain. Jika Anda lupa kata
sandi, menambahkan nomor ponsel membantu Anda masuk Facebook. Ini juga membantu
teman menemukan Anda, membuat Anda selalu dapat mengikuti berita terbaru dengan
pemberitahuan SMS, dan lainnya".
Pemanfaatan Facebook
Tersedianya fitur baru pada aplikasi yang
tersedia di dalam jejaring sosial facebook banyak memberikan manfaat kepada
kita dalam melakukan beberapa hal. Beberapa fitur yang mendatangkan manfaat
antara lain :
- Facebook Share >> fitur yang bisa digunakan sebagai
sarana pembelajaran, contohnya dapat membagikan tulisan-tulisan tugas, link
tugas dan informasi lainnya.
- Facebook
Note >> Dengan sarana ini kita bisa berdiskusi mengenai
topik tertentu. Dan Note ini bisa membantu kita untuk berlatih dalam menulis.
- Facebook
Apps >> Dengan fitur ini hampir segalanya bisa dilakukan.
Salah satunya adalah dengan membuat sebuah game edutainment pada platform
facebook Apps ini. Salah satu contoh Facebook Apps game edutainment yang cukup
terkenal dan banyak dimainkan adalah Geo Challenge. Sebuah aplikasi game untuk
menguji pengetahuan geografis dari pemain-pemainnya.
- Facebook
Quiz >> saat ini sudah banyak quiz-quiz yang beredar di
facebook. Rata-rata hanya quiz yang dibuat untuk sekedar iseng. Fitur ini
sejatinya bisa dipakai untuk melakukan quiz online.
- Pemanfaatan Facebook untuk media
branding >> Di awal awal tahun 2009 banyak blogger yang
ngebangun brand nya masing masing baik untuk personal branding maupun untuk
usahanya. Usaha ini terbantu dengan banyaknya pengguna facebook yang menjadi
sarana pemasaran branding menjadi lebih luas.
Perkembangan Facebook di masa
depan
Perkembangan zaman dan teknologi semakin
pesat. Facebook sebagai jejaring sosialpun otomatis mengikuti perkembangan
tersebut.
Facebookpun telah membuat sebuah langkah baru untuk mengembangkan
mobile Facebook agar seluruh pengguna mobile phone bisa mengakses facebook,
dimanapun dan kapanpun.
Facebook juga tengah mengembangkan dan akan meluncurkan sistem
webmail sendiri, jadi nantinya para pengguna Facebook akan diberikan fasilitas
email tersendiri. Maka nantinya para pengguna Facebook akan bisa membalas
update yang ada di akun mereka langsung dari email yang juga disediakan
Facebook, login serta berbagai fitur juga akan menggunakan email khusus yang
disediakan oleh Facebook, maka pengguna Facebook tidak akan meninggalkan situs
ini untuk waktu yang lama. Bersosialisasi bisa, mengecek email bisa, berkirim
file bisa, bahkan berjualan serta mendengarkan streaming dan bermain game pun
bisa.
Facebook juga memberikan ruang yang sangat lebar dalam kolom
pencarian. Kini kolom pencarian menjadi 2 kali jauh lebih besar dari kolom
pencarian di desain Facebook yang terdahulu. Dan salah satu indikasi
perkembangan tentang bagaimana fungsi search ini, kemungkinan besar
Facebook bekerjasama dengan Bing untuk menghasilkan pencarian yang lebih baik.
Termasuk memberikan hasil pencarian yang lebih lengkap dan lebih membantu
dengan memberikan informasi yang lebih baik.
Jika anda mencoba fasilitas search yang ada di situs Facebook
sekarang, maka Facebook tidak hanya menampilkan hasil pencarian yang
berhubungan dengan konten di Facebook saja tetapi juga menyertakan hasil
pencarian dari web. Nah, dengan kerjasasama ini mungkin saja Facebook akan
membawa mesin social networking-nya ini ke tahap yang lebih luas, dengan kata
lain menjadi sebuah ‘real social search engine’.
Meski begitu, beberapa ahli atau blog teknologi juga ada yang
memberikan pendapat bahwa mereka menyangsikan fitur email (jika benar roll
out), seharusnya Facebook berkonsentrasi pada core fitur mereka yaitu
social networking bukan mengembangkan fitur seperti email yang memang akan
menjadi barang baru bagi Facebook.
Perkembangan yang sudah terjadi ialah redesign yang telah kita
ketahui (redesign timeline), namun hal tersebut belum berjalan terlalu mulus
karena masih banyak pihak yang pro dan kontra tentang perkembangan tersebut.
Sumber
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar