Minggu, 26 Oktober 2014

Kiat Atasi Kejenuhan Di Situasi Yang Tidak Diinginkan



Kejenuhan tidak hanya hinggap pada situasi yang diinginkan, namun seringkali kejenuhanpun hinggap pada diri kita pada situasi yang tidak diinginkan. Kejenuhan itu sendiri dapat diartikan sebagai suatu kondisi mental dimana seseorang dihinggapi kebosanan yang amat sangat untuk melakukan suatu tugas/pekerjaan rutin yang sudah sejak lama dilakukannya.

Disini saya memberikan contoh kejenuhan dalam hal belajar di situasi yang tidak diinginkan. Yahh.. ini menurut pengalaman pribadi saya. Ehe..


Setelah perkuliahan sudah mulai aktif apalagi sudah memasuki semester-semester yang bikin dag-dig-dug pastinya bakal dikasih tugas rutin oleh dosen. Biasanya semester awal masih bisa santai, masih bisa hangout sama temen minimal seminggu sekali nahh sekarang bisa diitung pake jari :P

Dalam 1 minggu hamper semua dosen ngasih tugas, kalo ga secepatnya dikerjakan yah bakal numpuk dan kalo udah numpuk bakal bingung mau ngerjain yang mana dulu. Ujung-ujungnya bakal berakhir di kasur tercinta. Ekekekk

 Di tengah tugas yang banyak dan ga ada semangat untuk mengerjakan so pasti bakal jenuh dalam jangka lama. Nahh untuk mengatasi kejenuhan di situasi yang tidak diinginkan yaitu pada saat deadline tugas udah mulai menghampiri saya atasi dengan cara :

1.    Shalat
Aduhh kenapa sok agamis banget sih? Masasih? Terserah mau dibilang apa yang penting ini cara yang paling ngaruh buat saya untuk ngatasin kejenuhan. Biasanya kalo ngerjain tugas itu menjelang malam atau tengah malam yaudah mending solat abis itu pasti tenaaaannng banget. Kalo ga solat ya cukup ambil wudhu langsung seger serasa pikiran jadi adem J

2.    Nonton film
Ini sih kalo deadlinenya masih bisa di handle ga percuma koq nonton film buat merefresh otak. Ehe.. dari film yang belum di tonton sampe film yang udah berkali-kali di tonton ga ada bosennya. Terutama film yang alurnya menghibur lucu-lucuan gitu bukan romantic, horror, apalagi pembantaian. No thanks banget!

3.    Ngemil
Ngemil saya sih bukan ngemil macam snack gitu. Kalo udah malem senengnya ngemil jus. Aneh ya? Maybe. Tapi menyehatkan ga bikin sakit tenggorokan :P atau ga bikin minuman dingin lainnya kayak milo ice, atau ice tea juga boleh.

4.    Main game
Ini sih cuma kadang-kadang aja. Soalnya kalo jenuhnya tengah malam masa iya main game volume speakernya keras. Kalo kecil ga seru lah. Cuma ini bisa dijadikan satu alternatif kalo jenuhnya siang-siang bolong.

5.    Smile in mirror
Saya cukup sering ngelakuin ini. Bahkan di cermin saya di tempelin tulisan “Check Your Smile”. Karena senyum bisa mengubah mood dan menguatkan diri dalam mengatasi masalah.  






Source:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan yang ingin bertanya :)