Kamis, 02 Oktober 2014

Motivasi Belajar



Bagaimana sih cara meningkatkan motivasi belajar? Lagi galau karena someone tak kunjung datang? Lagi suntuk karena banyak banget tugas? Yahh.. apalagi yang lagi tingkat akhir mau nyusun skripsi. Atau lagi ga mood karena hape ga ada yang sms? sekalinya dapet sms cuma dari operator setia, ramah, namun bikin tambah galau ? Ataaauuu yaaa lagi males ‘aja’ pengennya tiduran terus di kasur :P

Ok sebelum dijelasin cara-cara meningkatkan motivasi belajar karena hal-hal negatif seperti contoh diatas mari baca dulu ‘Apa sih motivasi belajar itu ?’


Motivasi belajar menurut Mc. Donald, yang dikutip Oemar Hamalik (2003:158) motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan. Dengan pengertian ini, dapat dikatakan bahwa motivasi adalah sesuatu yang kompleks.

Motivasi akan menyebabkan terjadinya suatu perubahan energi yang ada pada diri manusia, sehingga akan bergayut dengan persoalan gejala kejiwaan, perasaan dan juga emosi, untuk kemudian bertindak atau melakukan sesuatu.

Dalam A.M. Sardiman (2005:75) motivasi belajar dapat juga diartikan sebagai serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu, sehingga seseorang mau dan ingin melakukan sesuatu, dan bila ia tidak suka, maka akan berusaha untuk meniadakan atau mengelak perasaan tidak suka itu.

Dari beberapa pendapat di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa pengertian motivasi adalah keseluruhan daya penggerak baik dari dalam diri maupun dari luar dengan menciptakan serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu yang menjamin kelangsungan dan memberikan arah pada kegiatan sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek itu dapat tercapai.



Setelah memahami pengertian motivasi belajar mari kita lihat cara-cara apa saja yang dapat menumbuhkan motivasi dalam diri kita.

Cara-cara menumbuhkan motivasi belajar menurut penulis:

1.      Tujuan
Mengapa perlu tujuan ? Apa kaitannya dengan motivasi belajar?
Sering kali saya menemukan pribadi seorang yang tidak tahu tujuan. Tujuan yang dia kerjakan, tujuan yag dia sedang pelajari untuk apa, sampai tujuan hidupnya apa. Yahh seperti air mengalir aja. Padahal kalo udah punya tujuan hidup secara ga langsung  dalam diri masing-masing sudah ada kemauan untuk maju dan fokus akan segala yang kita inginkan. Tujuan hidup ini hampir sama dengan cita-cita. Kita harus berusaha jatuh bangun untuk menggapainya.

2.      Keluarga / teman / sahabat


Keluarga, teman, maupun sahabat merupakan faktor penting cara menumbuhkan motivasi belajar. Keluarga yang mensupport, teman yang saling membantu, dan sahabat yang selalu care dan sharing tentang kehidupan masing-masing.

3.      Hadiah


Ga dipungkiri lagi kalo hal yang satu ini dapat kita tolak kalo dikasih. Ibarat rezeki ya gaboleh di tolak. Jika di iming-imingkan hadiah kalo bisa mencapai target yang diinginkan so pasti semangat 45 belajarnya.

4.      Pujian
Dengan pujian yang sifatnya membangun maka kita akan termotivasi untuk belajar, belajar, dan belajar.

5.      Variasi
Variasi belajar dapat dilakukan berbacam-macam, misalnya: Belajar tidak hanya dirumah ters-menerus namun bisa memanfaatkan fasilitas-fasilitas umum seperti tempat makan yang cozy, toko buku. Atau bahkan jika punya basecamp pribadi yang teduh nan tenang bisa dipergunakan agar kita dapat belajar dengan fokus.
Variasi lainnya bisa dilakukan dengan merangkum materi dengan cara mencatatnya dengan simbol atau warna.

6.      Travelling / Shopping


Nahh kalo mood lagi ga baik, ga ada salahnya kita travelling untuk ngilangin penat. Travelling ataupun shopping sering saya lakukan dan berhasil menumbuhkan motivasi belajar. Takut mahal? Yaa kalo dompet dan atm lagi menangis kita jangan ikutan :P jalan-jalan aja ke tempat yang masih gratis banyak banget kq. Kalo mau shopping tapi ga punya uang? Ya liat-liat aja dulu nanti kalo udah ada uang tinggal beli deh J

7.      Pasangan


Ini faktor paling penting kalo bagi yang punya pasangan. Kalo ga ya skip aja. Mwehehehe
Kenapa penting? iyalah. Apalagi wanita, yahh selalu mau dikasih kabar kan? Bener ga sih? Kalo saya sih iya :p Mau diperhatiin, mau dikasih kabar, saling sharing, di ngertiin. Apalagi? Sok lah tambahin sendiri. Aha
Yang pasti kalo lagi ada masalah dengan pasangan kita, wah pasti kepikiran deh dan ganggu konsentrasi belajar. Makanya kalo mau cari-cari masalah mending jangan pas mau ulangan deh bisa-bisa frustasi tingkat akut. Lho kq bisa? Mau bukti? Buktiin sendiri aja :D

Ok point-point diatas menurut saya hal-hal yang dapat menumbuhkan motivasi belajar dalam diri kita. Tipsnya tepat waktu jalanin ibadah aja, kalo udah gitu pasti kita akan tepat waktu selesai-in tugas juga. Semoga membantu ;)



Source: 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan yang ingin bertanya :)