Senin, 01 Agustus 2011

Berbelanja Ternyata Dapat Memperpanjang Umur

Kebanyakan orang pasti menginginkan kelangsungan hidup lebih lama di dunia ini atau umur panjang. Banyak penelitian telah dilakukan untuk mencari tahu bagaimana seseorang itu dapat berumur panjang. Namun baru-baru ini diketahui bahwa rahasia umur panjang dapat di dapat dengan sesering mungkin berbelanja.
 
Sedikitnya ada 3 alasan yang membuat hobi belanja bisa membuat sesorang awet muda dalam arti lebih jarang terkena penyakit mematikan. Salah satunya adalah, belanja melibatkan aktivitas fisik karena harus beerjalan kaki minimal menyusuri lorong-lorong supermarket.

Dibandingkan tidak pernhah bergerak sama sekali, aktivitas fisik yang tergolong ringan ini tentu sangat bermanfaat. Berbagai penyakit serius mulai dari kegemukan hingga serangan jantung banyak dipengaruhi oleh faktor aktivitas fisik, yakni kurang banyak bergerak.


Alasan berikutnya menyangkut kesehatan mental, karena belanja umumnya bersifat rekreati sehingga untuk terkena serangan jantung maupun gaguan pola makan yang bisa memicu kegemukan.

Alasan terakhir adalah asupan nutrisi, karena seseorang yang rajin belanja cendrung memiliki lebih banyak stok makanan segar di rumahnya. Orang-orang yang jarang belanja mengandalkan makanan yang disimpan di lemari es, yang tidak segar yang kadang nutrisinya sudah berkurang.

Sebuah survei yang dilakukan oleh National Health Research Institutes di Zhunan, Taiwan membuktikan hal itu. Menurut survei yang melibatkan 1.850 responden itu, orang yang setiap hari belanja risikonya untuk mati muda sekitar 27 persen lebih rendah dari orang yang tidak pernah belanja.

Dari seluruh responden yang dilibatkan, 50 persen diantaranyan tidak pernah atau sangat jarang pergi berbelanja. Sekitar 22 persen responden pergi belanja 2-4 kali/pekan dan sisanya 17 pesen menyempatkan diri untuk pergi belanja setiap hari.

Sumber : detikInet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan yang ingin bertanya :)