Senin, 22 Agustus 2011

Wah, Robot Kepala Bisa Menyanyi


Melihat penampilannya sekilas memang agak menakutkan. Bayangkan saja, Anda menemukan sebuah kepala perempuan di atas meja. Saat didekati, kepala dengan rambut pendek lurus tersebut akan menatap Anda tak berkedip. Jangan ngeri dulu, ini adalah robot kepala yang pandai menghibur.


Ya, jika sudah berkenalan, robot yang belum memiliki nama resmi ini akan memperlihatkan kepandaiannya bernyanyi. Tidak seperti robot menyanyi lain yang pernah ada, robot yang dibuat tim ilmuwan asal Taiwan ini punya kelebihan lain, yakni membaca nada dan musik.

Dikutip detikINET dari Cnet, Selasa (16/8/2011), hal ini bisa dilakukannya karena penglihatan si robot kepala dilengkapi kamera yang memotret skor musik. Selanjutnya, algoritma robot akan mengekstraksi informasi nada, irama dan lirik lalu mengirimkannya ke voice synthesizer.

Menariknya lagi, sebuah motor penggerak yang tertanam di sistemnya membuat si robot bisa mengubah ekspresi wajah secara otomatis sehingga menyesuaikan diri dengan emosi yang terkandung dalam lirik lagu.

Pengembangan robot kepala yang dikembangkan oleh Chyi-Yeu Lin dan timnya di National Taiwan University tersebut bertujuan merancang sebuah kepala robot anthropomorphic yang berwajah mirip manusia. Robot ini dirancang agar bisa membaca notasi musik secara acak dan menyanyikannya dengan indah.

"Mungkin ini adalah salah satu hal yang bisa dilakukan robot lebih baik dari manusia biasa. Dia bisa membaca notasi musik dalam 40 detik dan menampilkan ekspresi yang sesuai dengan isi lagu," kata Lin.

Ditambahkannya juga robot kepala bisa menyanyikan lagu dalam berbagai bahasa, namun dengan catatan, lirik lagu harus tertulis dalam aksara latin.







Sumber : detikInet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan yang ingin bertanya :)